Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Penyakit itu datangnya tidak terduga dan setiap saat bisa saja datang menghampiri. Tak peduli siapapun, dimanapun dan kapanpun. Solusinya adalah pencegahan. Seperti kata pepatah "Mencegah lebih baik dari pada mengobati". Untuk itu menjaga tubuh agar tetap sehat adalah hal yang jauh lebih baik dari pada mengobati penyakit yang sudah datang terlebih dahulu. Berikut beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan.

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

1. Hindari suara yang telalu bising

Seringnya mendengarkan suara bising bisa merusak genderang telinga. Salah satu contohnya mendengarkan musik yang telalu keras dalam waktu yang lama dan penggunaan earphone yang terlalu sering. Paparan kebisingan di atas 100 dB selama lebih dari 1 jam setiap hari dalam jangka waktu 5 tahun dapat menyebabkan seseorang untuk menderita kehilangan pendengaran secara permanen. Untuk itu gunakan perangkat pelindung telinga jika kita harus berada di dekat suara bising. 

2. Kurangi penggunaan Cotton Bud

Sesuatu yang sering kita anggap sebagai "kotoran telinga" itu sebenarnya memiliki pengaruh penting untuk telinga kita yaitu untuk menyaring kotongan atau benda asing yang masuk. Sementara penggunaan cotton bud dapat mendorong kotoran telinga masuk ke dalam telinga dan dapat menyebabkan cedera dan gangguan pendengaran. Sebaiknya penggunaan cotton bud hanya sebatas membersihkan bagian luar dari telinga kita saja. Dan jangan sekali-kali membersihkan telinga menggunakan jari kita karena itu dapat mengganggu pendengan kita. Adapun cara sederhana membersihkan telinga yang dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan handuk lembut yang direndam dalam air hangat. Bersihkan bagian luar dari lubang luar telinga secara perlahan dengan handuk tersebut.

3. Berkonsultasi dengan dokter THT

Jika telinga kita terasa sakit atau berdenging maka segerahlah berkonsultasi dengan dokter THT. karena jika tidak segera di tangani dengan baik akan mengakibatkan hilangnya pendengaran secara permanen. Jangan menggunakan obat-obatan untuk telinga kita tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Akan lebh baik jika memerikasakan kesehatan telingan ke dokter THT paling tidak satu tahun sekali.

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author
Rah
Rah

Popular Articles
Sep 8, 2020, 9:09 AM - Muhammad kashif
May 9, 2019, 9:04 PM - HB Hammad Dyar
Feb 21, 2020, 8:20 AM - Muhammad kashif